Pintu Masuk ke Karir yang Menjanjikan: Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Manajemen

image_pdfimage_print

Penulis: Nathaniel Bagas Pratama

Kontributor: Nasya Nariyah

Jurusan manajemen memiliki prospek kerja yang sangat luas. Dengan mengingat bahwa manajemen adalah salah satu komponen terpenting dari bisnis, bidang manajemen terus berkembang seiring dengan prospek kerja untuk lulusan manajemen. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan umum untuk lulusan manajemen.

1. Social Media Manager

Di era internet saat ini, platform sosial media menjadi salah satu platform penting bagi individu dan bisnis. Karena itu, manajer sosial media harus ada. Manager akun media sosial perusahaan bertanggung jawab untuk merencanakan, mengembangkan, menerapkan, dan mengelola strategi akun media sosialnya. Manager media sosial juga merupakan prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan manajemen.

2. Marketing Manager

Salah satu pekerjaan yang menjanjikan untuk lulusan manajemen adalah manajer departemen pemasaran atau manajer pemasaran. Manajer departemen bertanggung jawab atas departemen pemasaran dan bertanggung jawab atas informasi, kampanye, dan anggaran.

Sebagai marketing manajemen, sangat memerlukan pengetahuan pemasaran bisnis seperti periklanan, penelitian pasar, dan teknologi dan kemampuan untuk mengelola waktu dan organisasi serta beradaptasi dengan klien.

3. Operations Manager

Operasi manager adalah prospek kerja selanjutnya bagi lulusan manajemen. Mereka mengawasi kegiatan operasional suatu perusahaan, meskipun setiap perusahaan memiliki bidang bisnis yang berbeda, seperti perusahaan farmasi dan perusahaan transportasi. Operasi manajer ini sangat cocok jika Anda suka mempelajari berbagai metode operasional.

4. Production Manager

Jika Anda lulusan manajemen dan menyukai berbagai metode produksi, Anda harus mempertimbangkan untuk menjadi manajer produksi. Manajer produksi bertanggung jawab untuk membuat jadwal produksi, meninjau produktivitas, dan memastikan proses berjalan tepat dan lancar serta meningkatkan efisiensi proses. Manajer produksi juga sering menerima lulusan teknik dan manajemen.

5. Banker

Dalam jurusan manajemen biasanya ada peminatan perbankan, jadi lulusan manajemen juga bisa menjadi banker. Jika Anda memilih menjadi banker, Anda biasanya akan bekerja menjadi front office atau di back office. Staff back office mengelola transaksi keuangan, mengelola laporan keuangan, dan membuat laporan penjualan dan pemasaran.

6. Account Executive

Jika Anda seorang lulusan manajemen, Anda mungkin ingin menjadi account executive atau key account executive. Account executive bertanggung jawab untuk mempelajari pola dan tujuan klien sehingga perusahaan dapat mencapainya, dan mereka juga bertanggung jawab membantu klien secara langsung untuk memastikan bahwa kuota selalu dipenuhi.

Seorang account executive memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis; pengetahuan mendalam tentang anggaran dan akun; dan kemampuan untuk mengatur waktu dan bekerja sama.

7. Analyst

Analyst atau data analyst adalah prospek kerja terakhir untuk lulusan manajemen yang harus dipertimbangkan. Seperti namanya, seorang analyst akan menganalisa langkah-langkah yang harus diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya. Anda akan mengumpulkan informasi dan data dalam jumlah besar sebelum disampaikan kepada eksekutif.

Lulusan manajemen juga memiliki kesempatan untuk berkarir di berbagai bidang lainnya. Dengan kemampuan manajemen yang kuat, mereka siap menghadapi tantangan dalam dunia bisnis yang dinamis.

Editor: Rehani Zaki Putri Muspara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *