Belajar Mengatur Keuangan: Pentingnya Money Management Bagi Gen Z

Penulis: Nathaniel Bagas Pratama

Kontributor: Nasya Nariyah

 

Mungkin masih banyak yang bertanya “apa sih pentingnya mengatur keuangan?”, namun banyak juga generasi sekarang yang ingin bebas dari hutang dan mencapai tujuan finansialnya. Yuk, kita lihat pentingnya mengatur keuangan bagi generasi muda.

Harus diketahui dahulu tahapan dalam mengelola keuangan pribadi, berikut ada 5 tahapan keuangan pribadi :

1. Pendapatan

Pendapatan adalah tahapan awal keuangan pribadi yang ada terima dari gaji maupun upah.

2. Pengeluaran

Mampu mengelola pengeluaran adalah aspek terpenting dalam keuangan pribadi. Setiap orang harus mempertimbangkan pengeluaran lebih kecil dari pendapatan. Jika tidak, seseorang akan menghambat proses pencapaian finansial di masa yang akan datang.

3. Tabungan

Tabungan adalah pendapatan yang tersisa setelah mengeluarkan uang untuk pengeluaran. Setiap orang harus memiliki tabungan untuk menutupi pengeluaran besar atau dalam keadaan darurat.

4. Investasi

Investasi bertujuan untuk membuat seseorang lebih kaya daripada jumlah yang mereka investasikan. Investasi memang membawa risiko karena tidak semua aset meningkat dan dapat mengalami kerugian. Namun, jika Anda tidak punya waktu, Anda mungkin akan mendapat manfaat dari menyewa seorang profesional, seperti manajer investasi, untuk membantu Anda menginvestasikan uang Anda.

5. Perlindungan

Perlindungan adalah tindakan yang diambil orang untuk melindungi diri mereka dan kekayaan mereka dari kejadian buruk yang tidak terduga seperti penyakit atau kecelakaan.

 

Mengatur keuangan pribadi merupakan keterampilan penting yang sangat diperlukan, terutama bagi generasi saat ini yang dihadapkan pada beragam tantangan finansial. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk mengatur keuangan pribadi:

 

1. Menghindari Hutang dan Masalah Finansial

Dengan mengelola keuangan secara bijaksana, kita dapat menghindari terjebak dalam utang yang berlebihan dan masalah finansial lainnya. Ini membantu mempertahankan stabilitas keuangan dan mengurangi stres yang mungkin timbul akibat beban keuangan yang berat.

2. Mencapai Tujuan Finansial

Dengan merencanakan dan mengatur keuangan, kita dapat menetapkan tujuan finansial yang jelas dan membangun strategi untuk mencapainya. Ini bisa termasuk menabung untuk membeli rumah, pendidikan, liburan impian, atau pensiun yang nyaman. Dengan disiplin finansial, kita dapat secara bertahap mencapai tujuan-tujuan ini.

3. Membangun Keamanan Finansial

Ketidakpastian ekonomi adalah hal yang biasa. Dengan mengelola keuangan dengan baik, kita dapat membangun cadangan darurat dan investasi yang dapat membantu melindungi dari kejutan finansial yang tidak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau krisis kesehatan.

4. Mempersiapkan Masa Depan

Mengatur keuangan saat ini adalah investasi untuk masa depan. Dengan menabung dan berinvestasi secara cerdas, kita tidak hanya membangun keamanan finansial untuk diri sendiri, tetapi juga meninggalkan warisan yang kuat bagi generasi berikutnya. Ini memberi kontrol atas masa depan dan memberikan kebebasan finansial yang lebih besar.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan memiliki kendali atas keuangan, kita dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Kita dapat menikmati hidup tanpa stres keuangan yang berlebihan, memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan, serta merencanakan masa depan yang lebih baik.

 

Dengan demikian, mengatur keuangan pribadi bukan hanya tentang mengelola uang, tetapi juga tentang menciptakan kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil bagi diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai.

 

Editor: Rehani Zaki Putri Muspara